3. Process Management (Manajemen Proses)

No Kategori Objek Kriteria Penilaian   Eviden
1 2 3 4   5
3

Proses Management

Panitera Rapat Periodik dengan Panitera muda 1 Jadwal rapat, daftar hadir dan notulen
Monitoring dan evaluasi 1 Undangan rapat evaluasi, daftar hadir dan laporan monitoring dan evaluasi
Laporan bulanan dan tahunan keadaan perkara 2 SOP Penyusunan Laporan  Bulanan, Laporan bulanan dan Laporan Tahunan
Sekretaris Laporan Realisasi Anggaran 1 SOP Penyusunan Laporan Keuangan
2 Laporan Realisasi Anggaran pada Komdanas
3 Laporan Realisasi Anggaran yang dibuat setiap bulan
Buku Kas Umum Keuangan DIPA 1 SOP Pencairan dan Pertanggungajawaban Anggaran
2 Adanya kesesuaian kondisi keuangan pada buku dengan kas
3 Buku Kas Umum Keuangan yang ditandatangani setiap bulan
4 Buku Pembantu Kas
5 Buku Pembantu Bank
6 Buku Pembantu Kas Tunai
7 Buku Pembantu LS
8 Buku Pembantu Pajak
9 Buku Pembantu Uang Muka
10 Buku Pembantu UP
11 Buku Pembantu Lain-lain
Rapat Evaluasi Anggaran Per Triwulan 1 Undangan
2 Daftar Hadir
3 Notulen
Laporan Barang Milik Negara 1 Berita Acara Rekonsiliasi
2 Laporan BMN 
Penetapan Status Penggunaan BMN 1 Surat Usul Penetapan Status Penggunaan BMN
2 SK Penetapan Status Penggunaan BMN
Laporan Pengawasan dan Pengendalian BMN 1 Laporan Pengawasan dan Pengendalian BMN ke KPKNL
Evaluasi Kinerja Pegawai 1 Undangan Evaluasi Kinerja
2 Daftar Hadir evaluasi Kinerja
3 Notulen Rapat
Pengadaan Barang dan Jasa 1 SK Pejabat Pembuat Komitmen, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
2 SK Pejabat / Pokja PBJ,meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 SK Pejabat/ Panitia Pemeriksa Hasil Pekerjaan, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
Panitera Muda Hukum Pengelolaan Arsip Perkara, Peminjaman Arsip dan penataan berkas 1 SOP Pengarsipan
2 SOP Peminjaman Arsip
3 Daftar Isi Box Arsip
4 Daftar isi Rak Arsip
5 SK Ketua MS/PA tentang Alih Media
6 Buku Register arsip yang telah dialih mediakan
7 Buku Kendali Peminjaman Arsip
Pengelolaan Dokumen Laporan Kepaniteraan PA/MS 1 Laporan keluhan/aduan masyarakat
2 Laporan perkara
3 Laporan arsip berkas perkara
4 Laporan perkara yang telah diminutasi
5 Laporan permintaan salinan putusan
6 Laporan penerbitan akta cerai
7 Laporan Posbakum
Panitera Muda Gugatan Pengelolaan Tata Naskah Dinas 1 SOP Pengelolaan Tata Naskah Dinas
2 Agenda Surat masuk dan keluar
3 Lembar Disposisi, Kartu Kendali, dan Lembar Pengantar
Implementasi SOP 1 SOP yang berkaitan dengan kegiatan Perkara Gugatan
2 Wawancara dan Uji Petik SOP 
Pengelolaan Dokumen Penunjukan Panitera Pengganti Jurusita/ Jurusita Pengganti 1 SOP Penunjukan Panitera Pengganti dan Jurusita/Jurusita Pengganti
2 Dokumen Penunjukan Panitera Pengganti, Jurusita/Jurusita Pengganti dan screenshoot di SIPP untuk perkara gugatan
Buku Register 1 Screen Shoot Register pada aplikasi SIPP
2 Buku Register yang telah terisi lengkap
Buku Pengawas bidang 1 Buku/ Lembar Pengawas Bidang
2 Buku/ Lembar Pengawas Bidang yang terisi
Kelengkapan berkas perkara gugatan / dokumen 1 Ceklis Kelengkapan berkas perkara gugatan/ dokumen
Penugasan Jurusita/ Jurusita Pengganti 1 SOP Pemanggilan Para pihak
2 Instrumen Perintah memanggil
3 Izin keluar kantor pada jam dinas
4 Relaas Panggilan
Pengelolaan Sisa Panjar 1 SOP Layanan Pengelolaan Sisa Panjar
2 SK Ketua PA/MS tentang petugas pengelola sisa panjar, meliputi: uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 Buku Jurnal
4 Rekapitulasi Pengelolaan Panjar biaya perkara
5 Kuitansi tanda terima pengembalian sisa panjar
6 Bukti setor ke kas negara
7 Laporan Pengembalian sisa panjar
Penggunaan Sistem Barcode 1 Penggunaan sistem barcode dan direktori putusan untuk perkara Kasasi dan PK
Penyerahan berkas Perkara dari panmud gugatan ke Panmud Hukum 1 Daftar perkara yang telah BHT 
2 Tanda terima berkas perkara
Laporan Keuangan Perkara 1 SOP Pengelolaan keuangan Perkara
2 SK Ketua PA/MS tentang petugas pengelola keuangan perkara, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 BKU dan Buku Bantu Keunangan perkara
4 Laporan Rekonsiliasi
5 Laporan Komdanas
Panmud Permohonan Pengelolaan Tata Naskah Dinas 1 SOP Pengelolaan Tata Naskah Dinas
2 Agenda Surat masuk dan keluar
3 Lembar Disposisi, Kartu Kendali, dan Lembar Pengantar
Implementasi SOP 1 SOP yang berkaitan dengan kegiatan Perkara permohonan
2 Wawancara dan Uji Petik SOP 
Buku Register 1 Screen Shoot Register pada aplikasi SIPP
2 Buku Register yang terisi
Buku Pengawas bidang 1 Buku/ Lembar Pengawas Bidang
2 Buku/ Lembar Pengawas Bidang yang terisi
Kelengkapan berkas perkara permohonan / dokumen 1 Ceklis Kelengkapan berkas perkara permohonan / dokumen
Penugasan Jurusita/ Jurusita Pengganti 1 SOP Pemanggilan Para pihak
2 Instrumen Perintah memanggil
3 Izin keluar kantor pada jam dinas
4 Relaas Panggilan
Pengelolaan Sisa Panjar 1 SOP Layanan Pengelolaan Sisa Panjar
2 SK Ketua PA/MS tentang petugas pengelola sisa panjar, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 Buku Jurnal
4 Rekapitulasi Pengelolaan Panjar biaya perkara
5 Kuitansi tanda terima pengembalian sisa panjar
6 Bukti setor ke kas negara
7 Laporan Pengembalian sisa panjar
Penggunaan Sistem Barcode 1 Penggunaan sistem barcode dan direktori putusan untuk perkara Kasasi dan PK
Penyerahan berkas Perkara dari panmud permohonan ke Panmud Hukum 2 Daftar perkara yang telah BHT 
3 Tanda terima berkas perkara
Laporan Keuangan Perkara 1 SOP Pengelolaan keuangan Perkara
2 SK Ketua PA/MS tentang petugas pengelola keuangan perkara, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 BKU dan Buku Bantu Keunangan perkara
4 Laporan Rekonsiliasi
5 Laporan Komdanas
Panmud Jinayat Pengelolaan Tata Naskah Dinas 1 SOP Pengelolaan Tata Naskah Dinas
2 Agenda Surat masuk dan keluar
3 Lembar Disposisi, Kartu Kendali, dan Lembar Pengantar
Implementasi SOP 1 SOP yang berkaitan dengan kegiatan Perkara permohonan
2 Wawancara dan Uji Petik SOP 
Pengelolaan Dokumen Penunjukan Panitera Pengganti 1 SOP Penunjukan Panitera Pengganti
2 Dokumen Penunjukan Panitera Pengganti dan screenshoot di SIPP untuk perkara jinayat
Buku Register 1 Screen Shoot Register pada aplikasi SIPP
2 Buku Register yang telah terisi lengkap
Buku Pengawas bidang 1 Buku/ Lembar Pengawas Bidang
2 Buku/ Lembar Pengawas Bidang yang terisi
Kelengkapan berkas perkara jinayat / dokumen 1 Ceklis Kelengkapan berkas perkara jinayat / dokumen
Pengelolaan dokumen diversi dan penahanan 1 Standar operasional prosedur (SOP) diversi 
2 Penetapan Ketua Mahkamah Syar’iyah tentang penunjukan fasilitator Diversi
3 Penetapan panitera mahkamah syar’iyah tentang penunjukan panitera pengganti sebagai pendamping fasilitator 
4 Penetapan ketua mahkamah syar’iyah tentang perkara yang akan di diversi
5 Penetapan hari musyawarah diversi
6 Surat pemberitahuan kepada kejaksaan untuk menghadirkan pihak terkait
7 Berita Acara Kaukus 
8 Standar operasional prosedur (SOP) Kesepakatan diversi 
9 Penetapan Ketua Mahkamah Syar’iyah tentang kesepakatan diversi
10 Tanda terima penyerahan kesepakatan diversi
11 Penetapan penghentian pemeriksaan perkara 
12 Standar operasional prosedur (SOP) Penanganan Laporan  diversi 
13 Berita acara penerimaan laporan diversi yang tidak berhasil
14 Register  Diversi
Penahanan 15 SOP Proses penahanan
16 Penetapan penahanan oleh hakim
17 Bukti Penyerahan/ Penerimaan Penetapan Penahanan
18 SOP perpanjangan penahanan
19 Penetapan perpanjangan penahanan oleh Ketua MS
20 Bukti Penyerahan/ Penerimaan Penetapan Penahanan
21 SOP penangguhan penahanan 
22 Surat permohonan penangguhan penahanan dari tersangka/jaksa
23 Surat pernyataan jaminan dari penjamin
24 Penetapan penangguhan Penahanan 
Penggunaan Sistem Barcode 1 Penggunaan sistem barcode dan direktori putusan untuk perkara Kasasi dan PK
Penyerahan berkas Perkara dari panmud jinayat ke Panmud Hukum 1 Daftar perkara yang telah BHT 
2 Tanda terima berkas perkara
Jurusita/Jurusita Pengganti Pelaksanaan pemanggilan delegasi 1 SOP Permohonan bantuan pemanggilan/ pemberitahuan dari PA/MS lain
2 Surat Permintaan bantuan panggilan di SIPP
3 Sreen shoot pengisian panggilan delegasi/ pemberitahuan putusan delegasi pada SIPP
Laporan panggilan/ pemberitahuan delegasi 1 SK Ketua PA/MS tentang koordinator panggilan delegasi, meliputi uraian tugas dan tanggungjawab
2 Register Panggilan/ pemberitahuan delegasi
3 Laporan bulanan panggilan/ pemberitahuan delegasi
Pengiriman relass panggilan / pemberitahuan delegasi 1 Surat Pengantar di SIPP
2 Bukti Pengiriman relaas panggilan/ pemberitahuan delegasi
Pengiriman kembali Relaas ke Pengadilan pengaju 1 SOP Permohonan bantuan pemanggilan/ pemberitahuan dari PA/MS Lain
2 Surat pengantar 
3 Relaas
4 Register bantuan panggilan di SIPP
5 Bukti pengiriman (Resi, Bukti Setoran Bank)
Biaya pelaksanaan Pemanggilan/ pemberitahuan delegasi 1 SOP Permohonan bantuan pemanggilan/ pemberitahuan ke PA Lain
2 Bukti pengiriman (Resi, Bukti Setoran Bank)
Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana Implementasi SOP 1 SOP yang berkaitan dengan kegiatan Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana
2 Wawancara dan Uji Petik SOP 
Umum dan Keuangan  Implementasi SOP 1 SOP yang berkaitan dengan kegiatan Umum dan Keuangan
2 Wawancara dan Uji Petik SOP 
Penatausahaan Barang Persediaan 1 SOP Penatausahaan Persediaan
2 Pencatatan Persediaan DIPA 01 dan 04 melalui aplikasi persediaan
3 BA Opname fisik persediaan
4 Data dan Penyimpanan barang persediaan terpisah antara DIPA 01 dan 04
5 Daftar distribusi Barang persediaan
Uang Persediaan 1 Berita Acara Opname Brankas bendahara pengeluaran
Laporan E-Monev DJA (Smart) 1 Laporan e-monev DJA pada aplikasi SMART setiap bulan
2 Laporan kepada Kuasa Pengguna Anggaran
Laporan Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2006 1 SOP Penyusunan Laporan E-Monev Bappenas
2 Laporan e-monev Bappenas per triwulan
Rekon Internal 1 Berita Acara Rekon internal antara SIMAK dan SAIBA
Pengelolaan PNBP 1 SOP Penatausahaan PNBP
2 SK Bendahara Penerima, meliputi: uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 Perjanjian Sewa
4 Bukti tanda terima PNBP
5 Bukti setor PNBP ke kas negara
Pelaporan Keuangan DIPA 1 SOP Penyusunan Laporan Keuangan
2 SK Tim Penyusunan Laporan Keuangan
3 LRA
4 LO
5 Neraca
6 LPE
7 BAR
8 CALK
9 Laporan Keuangan
Perencanaan, IT dan Pelaporan Perawatan dan Pemeliharaan TI 1 SOP Pengelolaan TI
2 SK Tim Pengelola TI, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 Rencana Perawatan dan Pemeliharaan TI
4 Realisasi Perawatan dan Pemeliharaan TI